KESEHATAN REPRODUKSI

“Setiap jalan kemana aja, pasti banyak yang gangguin, mulai dari negur-negur biasa sampai ngomentari bodyku yang cukup berisi. Senang sih banyak yang muji cantik, tapi kadang aku juga ga nyaman dengan perubahan ini”

Tulisan di atas merupakan penggalan tulisan yang dibuat oleh Tia, salah satu remaja SMU di Yogya. Sebagai remaja tentu aja Tia maupun kamu akan banyak mengalami perubahan baik secara psikis maupun fisik.

  1. Perubahan fisik antara lain:

Tubuh kamu akan menjadi lebih berisi atau mulai jadi berbentuk. Contohnya yang dulunya pantatnya tepos jadi semok atau membesarnya payudara. Kalau cowok dih contohnya tuh badan jadi tambah kekar akibat menguatknya otot-otot tubuh. Selain itu tumbuh rambut di daerah ketiak dan kelamin dan mulai berfungsinya alat-alat reproduksi. Masa ini disebut sebagai masa pu bertas. Jadi ga usah malu atau inder jika baddan kamu mulai berubah, ini wajar kok malah bangga dong coz badan kamu lebih bagus.

  1. Perubahan Psikis

Wah.. Perubahan ini nih yang kadang bikin hidup jadi berwarna coz saat ini kamu mulai rajn merawat or merhatiin diri sendiri (suka dandan dan jadi lebih gaul) dan yang paling keran yaitu kamu tertarik dengan lawan jenis. Tuch serukan.. So.. PD Aja Lagi!!!

  1. .Kenapa jadi berubah ya?

Itu karena hormon-hormon seks dalam tubuh kamu sudah mulai matang dan mulai bekerja, begitu juga dengan alat reproduksi kamu. Hormon pada cewek adalah progesteron dan estrogen, sedangkan cowok hormon testosteron. Mesikipun alat-alat reproduksi kamu dah mulai matang dan sudah mampu untuk membuat keturunan tapi secara psikis, sosial untuk membuat keturunan, tapi secara psikis, sosial, apalagi ekonomi belum tentu. Ya iyalah… Kan untuk menjadi benar-benar dewasa membutuhkan proses yang cukup lama.

  1. Agar kamu lebih jelas, lebih bai kamu amati alat reproduksi kita!!

genetalia-interna

Organ Reproduksi Perempuan

Sejak lahir, cewek mempunyai ± 1 juta sel telur di dalam indung telur. Sejak pubertas, setiap bulan dilepaskan satu sel telur yang matang (Ovulasi). Yang berperan dalam proses ini adalah FSH (Follicle Stimulating Hormon) dan LH (Lutenizing Hormon) dan dibantu hormon estrogen. Sel telur kemudian menuju rahim menuju saluran telur menunggu dibuahi oleh sperma selama 48 jam (disebut masa subur). Progesteron membantu menebalkan dinding rahim. Kalau tidak terjadi pembuahan maka dinding rahim akan meuruh (terjadi menstruasi) dan indung telur siap-siap lagi untuk melepaskan sel telur baru

reproduksi-pria

Organ reproduksi Laki-laki

Setelah pubertas cowok memproduksi 100-400 juta sel sperma setiap harinya oleh testis dengan bantuan testosteron, kemudian disimpan di epidimidis selama 4-5 minggu sampai matang dan siap membuahi. Pada saat ejakulasi sperma berjalan melalui vasdeferen. Ketika melewati vesica seminalis, sperma akan bergabung bersama cairan semen yang akan melancarkan jalannya sperma. Kemudian ditambah lagi dengan cairan semen yang diproduksi kelenjar prostat. Gabungan sperma dengan cairan semen disebut air mani dan keluar melalui saluran sretra pada saat ejakulasi.

  1. .. Menstruasi itu apa?

Saat dinding rahim sudah menebal dan sel telur yang sudah matang tidak dibuahi, maka dinding rahim tersebut akan meluruh dari rahim dan dikeluarkan mejadi darah menstruasi. Hal ini terjadi secara periodik, dengan daur menstruasi (retang antar menstruasi) antara 21-36 hari.

  1. Sakit saat Menstruasi!

Saat mengalami menstruasis, cewek pada umunya akan mengalami pegal-pegal, payudara mengencang da sakit jika disentuh, pengen marah atau sensitif, sakit perut, dll. Hal ini wajar aja kok, karena saat itu terjadi perubahan hormonal. Untuk mengatasi rasa sakit kamu bisa smelakukan senam ringan, atau minum obat penghilang nyeri saat menstruasi yang beredar di pasaran. Tapi jika rasa tersebut tidak wajar, mendingan kamu periksa ke dokter, sebab memeriksa ada tidaknya enddrometriosis (tumbuhnya jaringan endometrium selain pada dinding rahim).

  1. Aku kok mulai mimi “aneh”?

Itu namanya mimpi basah. Mimpi ini sering kali didahului dengan mimpi yang erotis. Tapi tidak menutup kemungkinan kamu tidak bisa mengingat apa yang diimpikan, tahu-tahu saat bangun selanamu sudah basah oleh sperma. Proses ini alamiah yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan timbunan sperma.

  1. Gimana ya biar gk hamil?

TIDAK MELAKUKAN HUBUNGAN INTIM

  1. Bagaimana cara untuk mellindungi diri kita dari IMS (Infeksi Menular Seksual) & HIV/AIDS?
  • Buat kamu yan belum nikah, terutama remaja, IMS dapat dicegah dengan cara mengendalikan diri untuk tidak melakukan perilaku seks yang beresiko selama pacaran.
  • Tingkatka Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
  • Hindari Narkoba
  • Segera periksakan diri ke pelayanan kesehatan jika ada keluhan.
  • Jaga kebersihan organ reproduksi
  1. Akibat IMS (Infeksi Menular Seksual)
  • Kemandulan baik laki-laki maupun perempuan
  • Jalan masuk penularan HIV/AIDS
  • Gangungguan kesehatan reproduksi
  • Kelainan/cacat bawaan pada keturunannya.